KKL 2011 Mahasiswa IKIP Budi Utomo Ke Bali

Sebanyak 553 mahasiswa IKIP Budi Utomo Malang didampingi beberapa dosen, melakukan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) ke Bali pada 24-27 Mei lalu. Rombongan 13 bus ini diberangkatkan langsung oleh Rektor IKIP Budi Utomo, Drs Nur Cholis Sunuyeko MSi, di depan Stadion Gajayana.

Di Bali, mereka mengunjungi sekaligus studi banding ke Universitas Mahasaraswati, IKIP PGRI Denpasar, Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bali, serta Dinas Pariwisata Provinsi Bali. ”Sengaja dipilih empat institusi itu, karena menyesuaikan jurusan yang ada di IKIP Budi Utomo sehingga sepulang dari Bali, mahasiswa mendapat manfaat sesuai disiplin ilmu,” terang Nur Cholis sebelum pemberangkatan rombongan.

Sesampai di Univesitas Mahasaraswati, rombongan IKIP Budi Utomo diterima langsung oleh Dekan Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Drs Wayan Suandhi, MPd dan Pembantu Dekan beserta jajarannya. Selain saling mengenalkan budaya masing-masing lewat tari tradisional, kedua institusi pendidikan ini bertukar cenderamata serta menggelar dialog tentang peningkatan kualitas perguruan tinggi swasta khususnya di bidang kependidikan.

Saat di IKIP PGRI, kegiatan lebih seru karena digelar pertandingan sepakbola persahabatan antara kesebelasan IKIP Budi Utomo dan IKIP PGRI. ”Tujuan pertandingan ini memang bukan untuk mencari kalah dan menang, namun lebih pada mempererat persaudaraan sesama Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidkan (LPTK), “ ujar Kabikhum IKIP Budi Utomo, Drs Rochsun MSi.

Sementara ketika berkunjung ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi Bali, rombongan KKL mahasiswa IKIP Budi Utomo mendapat wawasan dan pengetahuan baru tentang sistem keolahragaan yang diterapkan di Bali. Mereka diterima oleh Kepala Dinas Disdikpora Provinsi Bali, Drs Ida Bagus Anom, MPd beserta jajarannya.

Kunjungan paling menarik terjadi di Dinas Pariwisata. Rombongan KKL benar-benar mendapat suguhan yang selama ini belum pernah didapatkan, yakni mengunjungi Taman Wisata Bali Classic Center (BCC) Bali Mini. Selain menikmati suguhan tari-tari tradisional, rombongan mendapat pelajaran tentang kehidupan masyarakat Bali asli yang belum mengenal kehidupan modern. Mereka juga dengan leluasa berdialog dengan masyarakat setempat tentang adat istiadat, serta melihat dari dekat kompor tradisional, penumbuk padi, busana, aksesoris untuk sembahyang, dan beberapa tradisi lain yang mulai dilupakan masyarakat Bali modern.

 

Links


Mahasiswa

Dosen/Staff

Hubungi Kami

IKIP BUDI UTOMO Malang
Telp: [0341] 323214 - 326019
Fax: 335070
Email: info@budiutomo.ac.id