Terus Tingkatkan Kualitas

MALANG - IKIP Budi Utomo (IBU) menggelar wisuda semester genap tahun akademik 2014/ 2015, Sabtu (12/9/15) hari ini. Sebanyak 2.219 wisudawan yang berasal dari seluruh pelosok tanah air akan menjalani prosesi wisuda  di GOR Ken Arok, Kota Malang.

Konsep wisuda yang akan diselenggarakan hari ini mengambil tema terkait dengan NKRI dan harmonisasi nasional.

Rektor IBU, Nurcholis Sunuyeko menjelaskan, karena di tengah ketidakseimbangan perekonomian Indonesia sangat diperlukan kemantapan hati wisudawan IBU untuk tetap berjiwa nasionalisme dalam melakukan berbagai hal.

“Momen ini sebenarnya sekaligus sebagai sebuah penjelasan pada publik bahwa status nonaktif dari Kemenristek Dikti, tidak berpengaruh terhadap kegiatan pembelajaran serta wisuda,” terang Nurcholis Sunuyeko, saat press conference Gladi Bersih Wisuda, Jumat (11/9/15) di GOR Ken Arok.

Menurut Nurcholis, status ini tidak mempengaruhi status mahasiswa IBU tahun ajaran 2014 ke atas, karena sudah tercatat dalam Pusat Data Perguruan Tinggi (PDPT). Maka, prosesi wisuda pun juga tidak akan mendapatkan kendala.

Ditambahkan, dengan status ini, pihaknya merespon dengan melakukan pembenahan-pembenahan, seperti menambah jumlah dosen sekaligus mendidik melalui pelatihan-pelatihan untuk meningkatkan kualitas.  Selain itu  juga melakukan peningkatan sarana dan prasarana pembelajaran sehingga kualitas mahasiswa makin bertambah.

“Selain itu, total mahasiswa IBU saat ini berjumlah 13 ribu. Besok akan berkurang sekitar dua ribu, jadi sisa 11 ribu mahasiswa IBU masih akan dipenuhi haknya dalam menempuh studi di sini. Dengan jumlah dosen yang saat ini sebanyak 232 orang. Maka rasionya sudah ideal,” ujar Nurcholis.

Lebih daripada itu, Nurcholis menuturkan, terkait normalisasi rasio antara dosen dan mahasiswa, IBU membuka kebijakan untuk tidak menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2015 – 2016. Meski demikian, Nurcholis mengaku, IBU telah menerima pendaftaran ribuan mahasiswa baru. Tetapi,  ia telah menjelaskan bahwa calon mahasiswa baru tersebut belum bisa diterima untuk tahun ajaran 2015.

 

Saat ini, Nurcholis berujar akan tetap melakukan usaha peningkatan mutu pendidikan dan menjaga rasio dosen dan mahasiswa tetap stabil. Penataan kelola akademik dan pembenahan internal merupakan hal yang paling utama untuk dipikirkan segenap civitas akademika IBU untuk saat ini. (Mg 9/jon)


 

Links


Mahasiswa

Dosen/Staff

Hubungi Kami

IKIP BUDI UTOMO Malang
Telp: [0341] 323214 - 326019
Fax: 335070
Email: info@budiutomo.ac.id